Masih Muda Sudah Kena Penyakit Stroke? Awas Ini Penyebabnya

Bagi anak muda, mendengar kata penyakit stroke mungkin akan menganggap jika penyakit tersebut merupakan penyakit yang hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut.

Namun, jika melihat dari pola hidup anak muda saat ini, kebanyakan hanya menghabiskan waktu dengan bersantai dengan smartphone, rebahan, serta malas untuk berolahraga.

Masih Muda Sudah Kena Penyakit Stroke


Nah, apakah dengan kegiatan-kegiatan tersebut dapat memunculkan resiko anak muda untuk terkena penyakit stroke? 

Jawabannya ya, penyakit stroke kini bisa menyerang siapa saja, penyakit yang tergolong tidak menular ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi dikategori penyakit tidak menular. Sedangkan di dunia, stroke menjadi penyakit tertinggi kedua di dunia dan penyabab kecacatan ketiga tertinggi di dunia.

Jika dilihat dari faktanya, bisa saja bagi anak muda terserang penyakit stroke, karena data membuktikan tiap tahunnya sebanyak 17 juta orang diseluruh dunia menderita penyakit stroke dan diantaranya 15% menyerang remaja dan orang dewasa muda.

Memang sih orang dengan usia lanjut lebih rentan untuk terkena penyakit stroke, namun dari banyak kasus, penyebab stroke pada usia muda lebih beragam disbanding usia tua.

Kebanyakan penyebab penyakit stroke pada orang yang lebih tua adalah karena Atherosclerosis (endapan lemak di arteri yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah).

Sedangkan penyebab stroke dikalangan muda berkisar antara kelainan jantung bawaan, aritmia, trauma, migraine dan merokok. Selain itu pola hidup yang berantakan, konsumsi alcohol dan obat terlarang juga meningkatkan resiko stroke.

Berkurangnya aktifitas fisik dan seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji juga dapat meningkatan proses terjadinya stroke lebih cepat.

Baca Juga : Penyakit STROKE kini Menyerang Usai Muda, kenali penyebab, tanda dan gejala serta cara mencegah

Lantas bagaimana kaum muda menyikapi hal ini?

Tentunya untuk menghindari serangan penyakit stroke di usia muda adalah dengan menghindari penyebab-penyebab diatas.

Terapkan gaya hidup sehat sedini mungkin, perbanyak makan sayur, buah-buahan segar dan makanan yang mengandung serat, sempatkan waktu untuk berolahraga secara teratur tiap harinya agar berat badan tetap ideal.

Baca Juga : 7 Manfaat Gambas Untuk kesehatan, Sayur Enak dan Sehat

Dan tidak kala penting juga untuk menghindari stress, karena stress akan meningkatkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat merusak berbagai jaringan dan organ-organ vital yang ada didalam tubuh kita.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel