7 Hewan Paling Bau Di Dunia, Awas Jangan Mendekat

Jika mendengar kata bau, pasti akan membuat kamu berpikiran akan hal-hal yang menjijikkan, namun siapa sangka bau ini bisa punya dampak positif bagi beberapa hewan, dimana bau yang menyengat ini dimanfaat oleh beberapa hewan dibawah sebagai pertahanan diri terhadap musuh atau predator yang mengancamnya.

Bagi kalian yang tidak tahan akan bau, sebaiknya menghindar dari beberapa hewan dibawah ini, kerena selain baunya yang sangat menyengat, bau hewan ini juga dapat memiliki efek yang berbahaya bagi manusia.

Tahukah kamu hewan apa saja yang memiliki bau yang menyegat? Berikut hewan paling bau di dunia :

1. Sigung


Hewan Paling Bau di dunia
Singung
Sigung merupakan hewan yang terkenal sebagai salah satu hewan paling bau didunia. Sigung memiliki warna yang beragam, dari hitam putih hingga coklat putih. Uniknya, warna Sigung bukanlah warna sembarangan, warna yang khas ini sebagai sinyal bagi musuh untuk menjauh.

Jika musuh atau predator masih mendekat, maka Sigung akan mengeluarkan cairan yang berbau luar biasa . Meskipun cairan tersebut dikeluarkan dari kelenjar didekat anus nya, namun itu bukan kotoran atau air seni. 

Cairan berbau luar biasa yang dikeluarkan oleh Sigung digambarkan mirip telur busuk, dan ngeri nya lagi, semprotan Sigung cukup jauh dan akurat hingga mencapai 3 meter dalam sekali semprot.


2. Hyna


Hewan paling bau di dunia
Hyna
Jika hewan diatas menggunakan baunya sebagai pelindung diri, berbeda dengan hewan yang satu ini. Hyna menggunakan bau untuk mencari arah.

Produksi bau pada Hyna berasal dari sebuah kantung di dekat anus yang dikenal dengan "Mentega Hyna". Mentega hyna ini akan digosokkan pada sebuah objek atau pada hyna yang lain untuk menandai wilayah. Tanda ini juga untuk memperbarui informasi tentang keberadaan anggotanya.

Uniknya lagi, hasil analisa dari kandungan kimia mentega hyna menunjukkan bahwa tiap Hyna memiliki bau yang khas dan tiap anggota kelompok Hyna juga memiliki bau yang khas yang hanya dimiliki kelompoknya.

3. Burung Kayu Hijau

Burung yang memiliki habitat asli di hutan tropis Afrika ini memang secara penampilan terlihat imut dan cantik. Namun, jangan salah, meskipun cantik, hewan ini mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan bau busuk.

Burung ini akan mengarahkan ekornya ke hewan yang mengancamnya lalu kemudian mengeluarkan aroma telur busuk.

Aroma telur busuk tersebut berasal dari bahan kimia yang terkandung pada cairan yang ada di dalam tubuhnya. Selain sebagai pertahanan diri, bau ini juga bisa membantu burung kayu hijau untuk menjaga kebersihan bulu dan kulit dari parasit dan mikroba.

Seperti pada hasil penelitian yang mengungkapkan jika 17 kandungan antimikroba yang terdapat pada feses burung kayu hijau dapat melindungi mereka dari kutu, bakteri dan jamur.

4. Wolverine


Hewan paling bau di dunia
Wolverine
Jika mendengar kata Wolverine pasti banyak yang langsung kepikiran dengan salah satu tokoh super hero. Tidak kalah keren nya dengan super hero, hewan yang satu ini juga terkenal sebagai salah satu hewan paling pemberani di dunia. Bahkan, sangking beraninya, Wolverine berani melawan hewan yang lebih besar seperti Serigala hingga Beruang.

Namun, dibalik sifatnya yang pemberani, nyatanya hewan ini juga sangat menjijikkan dikarenakan mengeluarkan bau yang busuk. Karena inilah Wolverine dijuluki dengan "Beruang Sigung", karena tampangnya yang mirip beruang namun baunya yang mirip dengan Sigung.

Bau busuk pada Wolverine berasal dari cairan yang mereka keluarkan dari bokongnya. Yang mana bau tersebut digunakan sebagai pengusir bagi penganggu serta untuk menandai wilayahnya.

5. Kumbang Pengebom

Seperti namanya, Kumbang Pengebom ini mampu mengluarkan bom bau busuk dari pantatnya. Bom berbau ini berasal dari bahan kimia yang mendidih, berbau busuk dan dapat menyebabkan kulit terbakar.

Jika pada hewan sebelumnya hanya mengusir musuhnya dengan bau busuk, berbeda dengan kumbang yang satu ini. Kumbang pengebom dapat mengeluarkan bau busuk sakaligus sangat panas. 

Hebatnya lagi, Kumbang Pengebom tidak hanya dapat menyemprot ke arah belakang, melainkan semprotannya dapat diarahkan ke segala arah.


6. Tamandua

Jangan tertipu dari tampangnya yang menggemaskan dan imut. Namun, dibalik ke imutannya itu hewan ini memiliki bau yang bakalan tidak akan membuat seseorang mau dekat-dekat dengannya.

Hewan ini memiliki bau yang sangat busuk yang mereka keluarkan dari kelenjar anus nya. Bahkan sangking bau nya, Tamandua disebut mempunyai bau 5x lebih busuk dibandingkan bau Sigung. Maka tak heran Tamandua dikategorikan hewan paling bau di dunia.

Tamandua ini juga sering disebut dengan julukan "Lasser Anteater" yang berarti pemakan semut yang lebih kecil.

7. Kaki Seribu


Hewan paling bau di dunia
Kaki seribu
Mungkin hewan yang satu ini sudah tidak asing lagi kita jumpai, secara sekilas, kaki seribu tidak terlihat berbahaya. Namun, ketika merasa terancam, hewan ini akan melingkarkan tubuhnya seperti obat nyamuk lalu mengeluarkan cairan berbau busuk, yang mana cairan busuk ini berfungsi untuk mencegah hewan lain untuk memangsanya.

Ada juga spesies lain hewan kaki seribu yang bisa mengeluarkan bahan kimia yang sangat beracun berupa hidrogen sianida.

Tidak tanggung-tanggung, 1 hewan kaki seribu dapat membunuh seekor tikus dengan bahan kimia berbau yang dikeluarkannya.


Nah, itulah 7 hewan paling bau di dunia, apakah kamu masih mau dekat-dekat sama hewan tersebut. Sebaiknya sih menjauh, demi keamanan dan kenyaman hidung mu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel