Alasan Kenapa Leher Jerapah Panjang, Ini Menurut Para Ahli

Setiap hewan di dunia ini memiliki keunikan dan ciri khas mereka masing-masing, mulai dari bentuk, warna, suara hingga kebiasaan. Contohnya si hewan berleher panjang, Jerapah.

Jerapah sangat terkenal dengan tinggi nya dan ditambah dengan lehernya yang tergolong sangat panjang jika dibandingkan dengan jenis hewan lain.

Jerapah

Nah, apakah kamu pernah berpikir, kenapa sih jerapah memilki leher yang panjang, apakah leher panjang jerapah karena sering memakan buah atau daun di pohon-pohon yang tinggi? Untuk mengetahui jawabannya simak ulasannya dibawah ini :

Tinggi Jerapah bisa mencapai hingga 5,5 meter, tentunya ini sangat jauh lebih tinggi dibandingkan hewan-hewan pada umumnya. Jerapah memiliki proporsi tubuh yang terbilang tidak normal, dimana total tinggi badannya lebih banyak disumbangkan oleh leher yang sangat panjang.

Ada beberapa teori yang menjelaskan kenapa leher jerapah bisa sangat panjang, semua teori berpangkal pada teori evolusi. Namun, penyebab dan prosesnya sangat berbeda jauh. Berikut ulasannya :

Leher Panjang Jerapah

Mencari Makan Yang Tinggi

Teori paling populer tentang leher panjang jerapah pertamakali dilontarkan oleh ahli biologi dan naturalis asal Prancis, yakni Jean-Baptiste de Lamarck. Pada tahun 1809 Lamarck berpendapat bahwa nenek moyang jerapah awalnya berleher pendek.

Jerapah-jerapah ini sering menjangkau makanan pada cabang pohon yang tinggi, yang menyebabkan lehernya berangsur-angsur memanjang. Nah, ciri leher panjang ini kemudian diturunkan kepada jerapah generasi berikutnya.

Terori Lamarck menjelaskan bahwa: “bagian tubuh makhluk hidup dapat berubah karena pengaruh lingkungannya. Jika bagian tubuh tersebut sering digunakan, maka dapat berubah sehingga sesuai untuk digunakan pada lingkungan tersebut. Sebaliknya, bagian tubuh yang jarang atau bahkan tidak digunakan lagi akan menghilang".

Proses Seleksi Alam

Pendapat Lamarck diatas ditentang oleh Charles Darwin, Darwin justru yakin jika evolusi makhluk hidup berlangsung karena adanya seleksi alam. Artinya, hanya makhluk hidup yang memiliki variasi sesuai dengan lingkunganlah yang bisa bertahan hidup, dan sebaliknya yang tidak sesuai tidak akan bertahan dan bisa punah.

Organisme yang bisa hidup inilah yang selanjutnya mewariskan sifat-sifat yang sesuai dengan lingkungan pada generasi selanjutnya.

Soal leher jerapah yang panjang ini menurut teori Darwin adalah “Dahulu kala ada tiga jenis jerapah yang hidup. Yakni berleher pendek, berleher sedang, dan berleher panjang”. Karena perubahan lingkungan maka leher jerapah hanya berada di ranting pohon yang tinggi, akibatnya jerapah yang memiliki leher yang sedang dan pendek tidak mampu menggapainya dan tidak bisa bertahan hidup. Kondisi lingkungan tersebutlah yang hanya menyisakan jerapah yang berleher panjang".

Charles Darwin memusatkan teori evolusinya sebagai seleksi alam atau dikenal sebagai sintasan yang terbugar (Survival Of The Fittest). Intinya, siapa yang bisa menyesuaikan diri maka dialah yang akan bertahan hidup.

Baca Juga : 5 Hewan Paling Setia di Dunia, Ternyata buaya termasuk juga

Adu Kuat

Ada sebuah pendapat yang muncul di tahun 1991 dari dua orang ilmuan yakni Truman P Young dan Lynn Isbel. Mereka berpendapat bahwa tidak semua jerapah menyukai daun yang tinggi, malahan jerapah memiliki kebiasaan adu kuat yang terbilang brutal, yakni mengayunkan leher mereka. Hal ini biasa terjadi saat perebutan wilayah atau saat memperebutkan betina.

Teori tersebut didukung oleh data bahwa leher jerapah jantan akan terus bertumbuh dan leher jerapah betina berhenti bertumbuh saat memasuki remaja. Selain itu, tekstur leher jerapah jantan juga lebih panjang dan kuat dibandingkan betina. Karena alasan ini para ilmuan memberikan kemungkinan baru bahwa leher jerapah mungkin saja berevolusi menjadi panjang seperti sekarang karena kebiasaan adu kuat mereka. Ciri-ciri inilah yang kemudian diturunkan ke keturunan mereka.

Baca Juga : Alasan Kenapa Orang Takut Kecoa, Ternyata Begini Kehidupan Kecoa

Nah, itulah beberapa beberapa pendapat para ahli tentang mengapa leher jerapah bisa panjang. Menurut kamu dari beberapa pendapat diatas mana yang lebih masuk akal?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel